Senin, 28 November 2011

PENGERIAN ROM

ROM yang memiliki kepanjangan nama Read Only Memory atau dalam arti bahasa Indonesia yakni MHB (Memori Hanya Baca ini sudah menjadi salah satu fitur yang penting dalam perangkat selain komputer. Bahkan ponsel yang sering kita gunakan juga sudah di suntikkan fitur ROM ini. Tapi, pasti Anda bertanya-tanya Apa itu ROM? Apa Fungsi ROM? Dan Bagaimana Bentuk dan Wujud ROM itu sendiri di lihat dari mata kita?
Semua akan saya jawab di artikel ini.

ROM: Adalah Salah satu Sebuah Memori yang ada pada suatu perangkat selainRAM. Fungsinya adalah untuk menyimpan data-data perangkat lunak (seperti File, Folder dan Aplikasi) yang berhubungan dengan perangkat keras.

ROM ini memiliki sifat permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.
Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah.

Selain itu, ROM yang saat ini sering di tanamkan pada suatu perangkat yaitu ROM Modern didapati dalam bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM.

Contoh lain dari wujud ROM itu sendiri adalah CD-ROM. Perangkat mampu membaca data tapi tidak mampu menyimpan data dari CD-ROM.
ROM, Read Only Memory, MHB, Memori Hanya Baca
Adapun jenis-jenis ROM, di antaranya adalah:
* Mask ROM
* PROM
* EPROM
* EAROM
* EEPROM
* Flash Memory

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cloud Strife - Final Fantasy Advent Children 2