Senin, 28 November 2011

PENGERTIAN USB



engertian USB adalah standart bus serial (standar bus berseri) yang mempunyai fungsi menghubungkan suatu perangkat atau periperal komputer seperti keyboard, mouse, joystick, kamera digital, webcam printer scanner, ke komputer induk. USB kini telah di jadikkan sebagai metoda koneksi standart. sistem koneksi USB ini mampu meningkatkan kemampuan hot swapping yaitu kemampuan pasang dan mainkan (plug and play) suatu perangkat atau priperal komputer, dalam arti , perangkat tersebut dpat di pasang di tambahkan atau di lepaskan dari port USB yang ada di komputer ketika komputer sedang ‘on’ (aktif/hidup/nyala) tanpa harus mematikan komputer. Perangkat atau periperal yang di koneksikan ke port USB bisa langsung di kenali oleh sistem komputer yang selanjutnya segera memproses drive perangkat yang bersangkutan agar perangkat tersebut dapat segera di fungsikan.
Contoh bentuk USB
Setiap unit komputer yang di pasaran saat ini, selalu di lengkapi port USB dengan jumlah yang berfareasi , satu, dua, tiga, empat atau bahkan lebih. Port USB tersebut berada di panel belakang komputer atau di panel depan, bahkan ada yang di letakkan di sisi samping Case komputet, Konektor USB yang terdapat pada perangkat (device) komputer dapat dengan cepat dan mudah di tancapkan pada port yang tersedia pada komputer induk (host). Bila di bandingkan dengan port-port yang lain yang terdapat pada komputer, pemasangan atau penancapan konektor USB ini jauh lebih muda, memang sala satu visi pembuatannya untuk memudahkan pengguna komputer dalam menyambungkan perangkat dengan komputer, sistem koneksi USB ini memiliki kecepatan lebih tinggi di bandingkan port panel atau port serial yang lain.
Sebelum port USB di ciptakan, apabila pengguna komputer (user) ingin memasangkan suatu perangkat yang memerlukan sistem koneksi yang lebih cepat, harus memasang kard sendiri yang di tancapkan pada slot ISA atau PCI yang masih kosong yang ada pada matherboard. Apa bila jumlah slot-slot tadi terbatas dan sudah terisi semua itulah yang jadi masalah, salah satu tujuan port USB di ciptakan adalah untuk mengatasi masalah ini. Semula, USB di desain untuk PC (personal computer), di tujukan untuk menghindari perlunya penambahan expansion card ke bus ISA atau PCI namun, sekarang telah berkembang luas dan banyak di gunakan pada perangkat elektronika lainnya, seperti PDA dan konsol permainan (vidio games).
VERSI USB 1.0 dan USB 2.0
USB1.0
Keberadaan USB 1.0 secara berangsur-angsur di maksudkan untuk menggeser fungsi berbagai konektor (yang biasanya berada pada panel belakang sebuah PC), dan menggantinya dengan sistem USB. Sebenarnya terdapat dua macam USB 1.0, yang masing-masing memiliki berbedaan dalam hal kecepatan, kedua macam USB 1.0 tersebut adalah USB 1.0 Low-speed dengan kecepatan tranfer data 1,5 Mbit/s (1,5 Mega bit perdetik = 0,1875 Mega byte per detik) dan USB 1.0 Full-speed dengan kecepatan tranfer data 12 Mbit/s (1,5 Mbyte per detik)
Kabel perpanjangan Usb tidak bisa di gunakan pada USB 1.0 dan memang tidak boleh di pasangkan , karena USB 1.0 tidak di desain bisa menggunakan kabel perpanjangan. Hanya sedikit jumlah USB 1.0 yang sengaja di lempar ke pasar bebas, jumlahnya terbatas.
USB 2.0
April 2000 dirilislah USB dengan vesi lain pada saat itu beberapa perusahaan bekerja sama mengembangkan USB yang memiliki kecepatan tranfer data lebih tinggi. Kecepatan tranfer data USB 2.0 mampu mencapai 480 Mbit/s (60 Mbyte/s), jauh lebih tinggi di banding USB 1.0 jika di hitung kecepatan tranfer data empat puluh kali jauh lebih cepat di banding USB sebelumnya. Kecepatan tranfer data sebesar 480 Mbit/s di sebut Hi-speed. USB 2.0 mampu di manfaatkan untuk menjalankan berbagai perangkat USB secara simultan dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami gangguan.
Logo USB Hi-Speed
Seluruh perangkat USB Hi-Speed tetap konpatibel dan mampuh beroprasi pada modus USB Full-speed itilah sebabnya USB 2.0 mampu mendukung 3 (tiga) macam mode speed, yaitu 1,5 Mbit/s (low-speed), 12 Mbit/s (full-speed) dan 480 Mbit/s (Hi-speed).
Kesimpulan: Dari penjelasan USB dengan Versi 1.0 dan 2.0 secara detail maka kita ketahui perbedaannya yaitu USB dengan Versi 1.0 memiliki dua macam USB yaitu USB 1.0 Low-speed dan USB 1.0 Full-speed. Sedangkan USB 2.0 hanya memiliki satu versi namun USB 2.0 mampu memumpuni tiga macam mode speed. Selain perbedaan yang terdapat pada kecepatan kedua USB ini memiliki perbedaan dalam perpanjangan kabel.
Fire Wire
Konsep kerja dari fire Wire tidaklah jauh berbeda dengan USB namun perbedaan yang sangat mendasar dari keduanya adalah bentuk fisik dan kecepatannya dalam tranfer data, Fire Wire mempunyai kemampuan kecepatan tranfer data hingga 800 Mbit/s sehingga cocok di gunakan untuk tranfer data jenis streaming atau isochronous. Koneksi Fire Wire saat ini banyak di gunakan untuk tranmisi perangkat multimedia. Di samping kecepatan transfer data yang lebih baik, peralatan yang dihubungkan FireWire dapat berkomunikasi langsung tanpa melalui komputer. misalnya, scanner bisa langsung berkomunikasi dengan printer sehingga Anda bisa punya mesin fotokopi tanpa harus menghidupkan komputer Anda. Saat ini beberapa peralatan eksternal khususnya perangkat storage menggunakan interface fireware yang bandwidth ratenya lebih tinggi dari USB 2.0. Kelebihannya terletak pada multimedia, dimana transfer data antara device camcode dengan pc akan semakin lancar dan menyenangkan, hasil yang didapatkan juga sangat optimal dibandingkan dengan menggunakan USB versi 2.0 sekalipun. Dengan harga yang sudah ‘turun’ drastis menurut penulis ada baiknya kita sudah harus melirik ke teknologi interface ini. Seperti juga USB yang sudah total kompatibel dengan Windows, Firewire juga demikian dapat berjalan mulus tanpa instalasi driver diatas system operasi Windows 9x apalagi windows XP.
Perbedaan Fire Wire dan USB
Fire Wire USB
Dari segi kecepatan Fire Wire jauh lebih mengungguli di banding USB selain itu bentuk fisinnya memiliki ke tidak samaan, peralatan yang dihubungkan FireWire dapat berkomunikasi langsung tanpa melalui computer, Koneksi Fire Wire saat ini lebi banyak di gunakan untuk tranmisi perangkat multimedia, dari segi harga Fire Wire Lebih Mahal di banding USB


0 komentar:

Posting Komentar

 
Cloud Strife - Final Fantasy Advent Children 2